Jumat, 19 Juni 2015

Makalah Negara Malawi

MAKALAH GEOGRAFI REGIONAL DUNIA
NEGARA MALAWI
Makalah ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Geografi Regional Dunia
Dosen Pembimbing: Sodikin,S.Pd,M.Si




Disusun oleh :
ST. LUSI SUSWANTI
(1113015000009)

Kelas 4A

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
2015


Kata Pengantar

Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang senantiasa melimpahkan Rahmat dan Hidayah – Nya kepada kita, shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga safaatnya mengiringi kita di hari akhir nanti. Amiin.
Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Sodikin,S.d,M.Si selaku dosen mata kuliah Geografi Regional Dunia pada jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah membimbing saya, sehingga saya dapat menyusun makalah Geografi Regional Dunia dengan judul “Negara Malawi” ini dengan baik.
Saya selaku penyusun mohon maaf apabila ditemukan beberapa kesalahan. Kritik dan perbaikan serta penilaian terhadap makalah ini saya butuhkan. Semoga makalah ini bermanfaat bagi saya dan pembaca. Amin
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Ciputat,  April 2015
















BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Geografi adalah ilmu tentang lokasi serta persamaan dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gê ("Bumi") dan graphein ("menulis", atau "menjelaskan").Istilah geografi untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Erastothenes pada abad ke-1. Menurut Erastothenes geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi. Berdasarkan pendapat tersebut, maka para ahli geografi (geograf) sependapat bahwa Erastothenes dianggap sebagai peletak dasar pengetahuan geografi.  Pada awal abad ke-2, muncul tokoh baru yaitu Claudius Ptolomaeus mengatakan bahwa geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi. Jadi Claudius Ptolomaeus mementingkan peta untuk memberikan informasi tentang permukaan bumi secara umum. Kumpulan dari peta Claudius Ptolomaeus dibukukan, diberi nama ‘Atlas Ptolomaeus’. Preston e James (1959) berpendapat bahwa, “Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan” karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing
Sedangkan Regional adalah sebuah daerah yang dikuasai atau menjadi teritorial dari sebuah kedaulatan. Pada masa lampau, seringkali sebuah wilayah dikelilingi oleh batas-batas kondisi fisik alam, misalnya sungai, gunung, atau laut. Sedangkan setelah masa kolonialisme, batas-batas tersebut dibuat oleh negara yang menduduki daerah tersebut, dan berikutnya dengan adanya negara bangsa, istilah yang lebih umum digunakan adalah batas nasional. Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd dalam Geografi Pengembangan Wilayah regional di artikan sebagai daerah tertentu yang di dalamnya tercipta homogenitas struktur ekonomi dan sosial sebagai perwujudan kombinasi antara faktor lingkungan dan demografis.
Jadi dapat di simpulkan bahwa Geografi regional menegaskan kembali topik bahasan geografi pada ruang dan tempat. Ahli geografi regional memfokuskan pada pengumpulan informasi deskriptif tentang suatu tempat, juga metode yang sesuai untuk membagi bumi menjadi beberapa wilayah atau region. Basis filosofi kajian ini diperkenalkan oleh Richard Hartshorne. Geografi regional yaitu studi tentang variasi penyebaran gejala dalam ruang pada suatu wilayah tertentu baik secara lokal negara maupun wilayah yang luas seperti benua. Geografi regional mempelajari hubungan yang bertautan antara aspek – aspek fisik dengan aspek – aspek manusia dan kaitan keruangan di suatu wilayah (region) tertentu.

Rumusan Masalah
Bagaimana sejarah berdiri, kondisi geografis, kondisi kependudukan, kondisi perekonomian dan kegiatan pariwisata negara Malawi?

Tujuan
Untuk mengetahui dan memahami sejarah berdiri, kondisi geografis, kondisi kependudukan, kondisi perekonomian dan kegiatan pariwisata negara Malawi


BAB II
PEMBAHASAN
NEGARA MALAWI

Sejarah Berdirinya
Malawi merupakan sebuah negara yang berada di Afrika bagian selatan. Negara Malawi ini adalah salah satu negara yang tidak mempunyai perbatasan dengan laut. Sehingga dapat dikatakan bahwa Negara Malawi tidak mempunyai pinggir pantai. Mungkin bagi sebagian orang belum mengenal lebih jauh mengenai sejarah Negara Malawi ini. Setap negara tentunya memiliki sejarah yang melatar belakangi negara tersebut. Begitu pula dengan Negara Malawi ini pun juga memiliki sejarah tersendiri. Malawi yang memiliki letak geografis berbatasan dengan Tanzania yang terletak di sebelah utara, sedangkan sebelah barat laut Zambia, sebelah timur, barat dan selatan Malawi ini berbatasan dengan Mozambik. Di dalam wilayah Negara Malawi ini terdapat danau yang memanjang diperbatasan sebelah timur Malawi. Danau ini disebut sebagai Danau Malawi. Danau Malawi yang berada di Negara Malawi tersebut ternyata mencakup seperlima dari wilayah Negara Malawi sendiri.
Pada awal mulanya, wilayah Malawi ini didiami atau digunakan sebagai tempat tinggal Etnis Bantu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Etnis Bantu adalah kelompok pertama yang mendiami wilayah Malawi ini. Etnis Bantu ini mulai mendiami wilayah Malawi sekitar pada abad ke-10. Pada tahun 1859, David Livingstone mendatangi Danau Malawi tersebut. David Livingstone adalah seorang petualang yang berasal dari Skotlandia. Sejak Davis Livingstone mengetahui keindahan dari Danau Malawi yang ada di wilayah tersebut maka bangsa Eropa pada saat itu pun banyak yang tertarik untuk bertempat tinggal atau mendiami wilayah tersebut. Dan pada saat itu pun, wilayah Malawi digunakan sebagai tempat penjualan budak oleh bangsa Eropa atau dapat dikatakan sebagai tempat perdagangan budak.
Pada tahun 1891, bangsa Inggris pun mengetahui keberadaan Malawi, dan mereka masuk ke daerah tersebut. Bangsa Inggris ingin menguasai daerah tersebut. Maka untuk menguasai daerah tersebut Inggris mengadakan peperangan dengan bangsa Jerman dan Portugis. Inggris melawan bangsa Jerman dan Portugis, karena kedua bangsa inilah yang terlebih dahulu menempati wilayah ini. Pada akhirnya peperangan tersebut dimenangkan oleh Inggris, dan Inggris pun mengklaim daerah tersebut sebagai daerah koloninya.

Kondisi Geografis
Letak astronomis

Letak Geografis
Republik Malawi adalah sebuah  HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Negara" \o "Negara" negara yang terdapat di daratan  HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Afrika" \o "Afrika" Afrika bagian selatan. Malawi berbatasan dengan  HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Tanzania" \o "Tanzania" Tanzania di sebelah utara,  HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Zambia" \o "Zambia" Zambia di barat laut, dan  HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Mozambik" \o "Mozambik" Mozambik di timur, selatan dan barat.  HYPERLINK "http://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Malawi" \o "Danau Malawi" Danau Malawi yang memanjang di sepanjang perbatasan timur Malawi mencakupi seperlima wilayah negara itu. Asal mula nama Malawi tidak diketahui; nama itu diyakini berasal dari suku di wilayah selatan atau inspirasi dari “cahaya matahari yang menyinari danau.

Iklim
Hujan tropis dengan musim dingin kering dan musim panas yang lembab. Musim hujan - dari pertengahan Oktober (atau November awal) sampai pertengahan atau akhir April, musim kering berlangsung dari Mei hingga Oktober-November. Sebagian besar curah hujan (selama setahun:.. 750-1000 mm Di lembah-lembah dan sampai 2500 mm Di daerah pegunungan) terjadi pada periode November-Maret (belahan bumi selatan musim panas). Suhu terpanas bulan November, 20-23 C di pegunungan, sampai 27 C dalam lembah, pada bulan Juli, keren - dari 14 C sampai 19 C (Juli - bulan paling dingin). Di pegunungan ada salju dan suhu di bawah 0 ° C.


Bentang alam
Malawi adalah sebuah negara kecil di Afrika Timur yang tidak memiliki mulut ke laut, meluas dari utara ke selatan sepanjang Danau Nyasa. Berbatasan dengan Tanzania, Mozambik dan Zambia. Malawi (dalam terjemahan apapun: yaitu, "cahaya bersinar di danau - danau bersinar"), nama lain untuk danau - Nyasa . Banyak dari batas timur adalah Danau Nyasa Malawi - danau terbesar ketiga di Afrika (setelah Danau Victoria dan Tanganyika). Zona tektonik Afrika Timur melewatiMalawi , Menciptakan sebuah lembah luas di sekitar danau. Sebagian besar negara - daerah pegunungan gunung dan dataran tinggi Nyika, Total luas - 118,500 km persegi dari ujung selatan Danau Nyasa aliran sungai Shire , Yang adalah anak sungai Zambezi. Ke timur dan barat Danau Nyasa dalam lanskap yang didominasi oleh dataran tinggi. Terletak di dataran tinggi utara Nyika mencapai 2600 m di atas permukaan laut, sebelah selatan Danau Nyasa memperluas dataran tinggi Shire, yang masuk ke pegunungan Mlandżi , Titik tertinggi - Sapitva (3002 meter di atas permukaan laut.). Ini adalah salah satu daerah yang paling seismik di Afrika.
Salah satu tempat yang paling indah di Afrika - Danau Malawi (Nyasa) - memanjang dari utara ke selatan dan memiliki km.szerokości 600 km panjang dan 80. Dalam kedalamannya (700 m) terletak 500 spesies ikan (termasuk 180 endemik .) Dari Malawi berasal 70% dari ikan air tawar akuarium ( cichlids .) Cichlids adalah makhluk begitu banyak, yang mewakili 5% dari semua vertebrata di planet ini. Daerah di tepi selatan danau, terletak di dalam batas-batas Malawi, sejak tahun 1980, dilindungi dalam Lake Malawi National Park. Taman ini pada tahun 1984, tertulis di Daftar Warisan Dunia UNESCO.
Kondisi Kependudukan
 Total penduduk of Malawi adalah 13.2 juta jiwa, menurut hasil sensus yang diselenggarakan oleh Bandan Sensus National Malawi. Jumlag penduduk mana sedikit lebih besar dari Penduduk Ibukota jakarta di waktu siang dalam hari hari kerja. Jumlah penduduk di masing masing kota utama di Malawi adalah sebagai berikut :
Lilongwe, 1.897 juta
Blantyre, 0.999 juta
Mzuzu, 0.853 juta
Zomba, 0.670 juta
Rakyat Malawi hampir seluruhnya menggunakan Bahasa Inggris, dan beberapa bahasa lokal yang ada antara lain Chichewa, Lomwe, Yao dan Tumbuka. Untuk menegetahu beberapa istilah penting dalam bahasa Chichewa,  HYPERLINK "http://www.malawiembassy.org/en/visit/language.html" silahkan klik disini. Saat ini hamoir 83% dari jumlah penduduk Malawai bekerja dis ektor Pertanian,namun demikian kondisi ini semakin berobah karena adanya urbanisasi. Mayorita Rakyat Malawi beragama Kristen, tetapi sekitar 13% dari mereka beragama Islam.
Kondisi Perekonomian
Mata pencaharian penduduk negara malawi adalah pertanian dan perikanan. Informasi terbarunya adalah Malawi negara yang berada di daratan Afrika bagian selatan, didapuk sebagai  HYPERLINK "http://bisnis.liputan6.com/read/2170167/beruntung-negara-ini-lunasi-seluruh-utang-rakyat-miskin" \o "negara termiskin di dunia" negara termiskin di dunia pada 2015 versi Bank Dunia. Pendapatan per kapita negara yang dulu disebut Nyasaland tersebut merupakan yang terendah di dunia. Seperti dilansir dari laman nyasatimes.com, Rabu (25/2/2015), pendapatan per kapita Malawi sekitar US$ 226,5, sedangkan negara yang masuk kategori miskin yaitu di bawah US$ 765. Sebagai  HYPERLINK "http://tekno.liputan6.com/read/2164846/bill-gates-vaksin-malaria-lebih-penting-dari-internet" \o "negara termiskin di dunia" negara termiskin di dunia, lebih dari setengah penduduk negara ini hidup di bawah garis kemiskinan dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari.
Presiden Malawi Peter Mutharika menyatakan, negara yang dipimpinnya menghadapi berbagai tantangan ekonomi dan mengharapkan bantuan dari negara lain. Para pendonor, telah menyediakan bantuan yang setara dengan 40 persen dari anggaran Malawi atau sekitar US$ 150 juta. Dengan dana yang terbatas, Mutharika mengatur biaya pengeluaran negara ini seminimal mungkin. Perjalanan domestik bagi anggota kabinet dan pejabat pemerintahan senior dibatasi menjadi hanya delapan kali dalam setahun. Kondisi   HYPERLINK "http://otomotif.liputan6.com/read/2163733/dipuji-kisah-teladan-presiden-uruguay-di-atas-vw-kodok" \o "negara termiskin di dunia" negara termiskin di dunia semakin memburuk akibat banjir bandang yang menyebabkan 170 korban jiwa meninggal dan 200 ribu warganya kini tak memiliki rumah. Hal ini membawa ekonomi Malawi berada pada titik terendah pada Januari lalu. Mutharika pun mengajukan permintaan donasi kepada World Bank dan berbagai pedonor internasional untuk membantu negara yang hampir bangkrut itu.
Kegiatan Pariwisata
Salah satu tempat yang paling indah di Afrika - Danau Malawi (Nyasa) - memanjang dari utara ke selatan dan memiliki km.szerokości 600 km panjang dan 80. Dalam kedalamannya (700 m) terletak 500 spesies ikan (termasuk 180 endemik .) Dari Malawi berasal 70% dari ikan air tawar akuarium ( cichlids .) Cichlids adalah makhluk begitu banyak, yang mewakili 5% dari semua vertebrata di planet ini. Daerah di tepi selatan danau, terletak di dalam batas-batas Malawi, sejak tahun 1980, dilindungi dalam Lake Malawi National Park. Taman ini pada tahun 1984, tertulis di Daftar Warisan Dunia UNESCO.























BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Malawi merupakan sebuah negara yang berada di Afrika bagian selatan. Negara Malawi ini adalah salah satu negara yang tidak mempunyai perbatasan dengan laut. Sehingga dapat dikatakan bahwa Negara Malawi tidak mempunyai pinggir pantai. Mungkin bagi sebagian orang belum mengenal lebih jauh mengenai sejarah Negara Malawi ini. Setap negara tentunya memiliki sejarah yang melatar belakangi negara tersebut. Begitu pula dengan Negara Malawi ini pun juga memiliki sejarah tersendiri. Malawi yang memiliki letak geografis berbatasan dengan Tanzania yang terletak di sebelah utara, sedangkan sebelah barat laut Zambia, sebelah timur, barat dan selatan Malawi ini berbatasan dengan Mozambik. Di dalam wilayah Negara Malawi ini terdapat danau yang memanjang diperbatasan sebelah timur Malawi. Danau ini disebut sebagai Danau Malawi. Danau Malawi yang berada di Negara Malawi tersebut ternyata mencakup seperlima dari wilayah Negara Malawi sendiri.

SARAN
Negara malawi adalah negara yang termasuk dalam golongan negara termiskin di dunia, perlu adanya kajian lebih lanjut tentang negara tersebut baik dari segi ekonomi ataupun yang lainnya dalam rangka membantu memulihkan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di malawi.
Di negara malawi terdapat danau indah yang menurut saya itu termasuk potensi pariwisata yang luar biasa. Perlua adanya pengembangan dalam bidang pariwisata, hal ini juga nantinya di harapkan akan menunjang perekonomian.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.wikipedia.co.id
http://bisnis.liputan6.com/read/2181120/malawi-dinobatkan-jadi-negara-termiskin-di-dunia
http://www.bimbie.com/sejarah-negara-malawi.htm
Mustofa, Bisri. Inung Sektiyawan. 2008. Kamus Lengkap Geografi. Panji Pustaka:Yogyakarta
http://www.g-excess.com/id/pengertian/pengertian_geografi.html
http://malawi-info1.blogspot.com/2010/05/malawi-at-glance.html
www.google.comhttp://www.afrykawakacje.com/id/malawi-africa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar