Perbandingan
Kurikulum Pendidikan Indonesia dan Kanada
Oleh St. Lusi
Suswanti
Berbicara mengenai pendidikan tentu saja tidak luput dari
pembicaraan mengenai kurikulum apa yang digunakan. Kurikulum menurut UU No. 20
Tahun 2003 adalah seperangkat rencana
dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
tujuan pendidikan nasional. Artinya kurikulum mencakup tentang keseluruhan yang
perlu dilakukan dalam proses pembelajaran yang kemudian dapat dikembangkan
sendiri oleh masing-masing tenaga pendidik. Dalam hal ini saya dapat
menyimpulkan bahwa kurikulum merupakan sarana pencapaian tujuan suatu program
pendidikan yang dikehendaki disuatu wilayah. Lalu bagaimana dengan kurikulum
pendidikan yang digunakan di Indonesia? Apakah sama dengan kurikulum di negara
lain? Kali ini saya akan mengulas tentang kurikulum pendidikan di Indonesia
dengan kurikulum pendidikan di Kanada.
Kurikulum di Indonesia menjadi stigma yang negatif di masyarakat.
Mengapa? Karena perubahan kurikulum di Indonesia terjadi dalam jangka waktu
yang relatif singkat namun tanpa diikuti dengan peningkatan kualitas kurikulum
itu sendiri. Munculnya stigma negatif pada masyarakat ini bukan tanpa alasan.
Terlihat dari perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi
kurikulum 2013. Sarana dan prasarana penunjang kurikulum 2013 masih belum
sepenuhnya terpenuhi, baik bahan ajar maupun tenaga pendidiknya. Terlepas dari
itu pada dasarnya perubahan kurikulum yang dilakukan adalah demi meningkatkan
mutu pendidikan di Indonesia. Kurikulum baru dibuat berdasarkan analisis
terhadap kurikulum lama yang dianggap perlu diperbaiki, artinya bahwa kurikulum
baru dibuat untuk menyempurnakan kurikulum lama. Ada tiga aspek penilaian yang
ditekankan didalam kurikulum 2013 yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan
atau keberanian dan aspek sikap. Dari ketiga aspek ini yang terpenting adalah
aspek sikap atau perilaku atau moral. Mengapa? Karena kurikulum 2013 menekankan
pada pendidikan karakter dimana siswa diharapkan mampu menjadi manusia yang
bermoral. Kemudian selain itu kurikulum 2013 ini juga didalamnya terdapat aspek
pengetahuan dan keterampilan dimana outputnya adalah siswa dapat menjadi
manusia yang kreatif, inovatif dan produktif sehingga mereka mampu bersaing
dimasa mendatang. Kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini ada dua
berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies
Baswedan, nomor 60 tahun 2014 tanggal 11
Desember 2014, yang memutuskan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 dihentikan dan
kembali pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), namun untuk satuan
pendidikan yang sudah menerapkan kurikulum 2013 selama 3 semester tetap
dilanjutkan. Kurikulum 2013 lebih menekankan pada aspek afektif, sedangkan KTSP
lebih kepada aspek kognitif.
Apabila di Indonesia pemberlakuan kurikulum yang digunakan bersifat
nasional, lain halnya dengan Kanada. Di Kanada pendidikan menjadi tanggung jawab
pemerintah provinsi, namun tetap berada di bawah konstitusi Kanada, sehingga
terdapat perbedaan sistem pendidikan atau kurikulum disetiap provinsinya. Namun
demikian sistem pendidikan disetiap provinsi ini memiliki standar yang tinggi
serta setara dengan universitas di USA maupun negara Commonwealth lainnya.
Jenjang pendidikan di Kanada umumnya dibagi menjadi 3 yaitu pendidikan Dasar
(Primary School , Public School), pendidikan Menengah (High School) dan
pendidikan tinggi (Universitas, College). Berbeda dengan di Indonesia yang
membagi jenjang pendidikan menjadi 4 yaitu Pendidikan Pra Sekolah, Pendidikan Dasar,
Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi. Dengan ketentuan bahwa provinsi
bertanggung jawab secara penuh atas mutu pendidikan di masing-masing daerahnya,
pemerintah provinsi lebih fokus dalam melakukan penyelenggaraan dan pengawasan
sistem pendidikan tersebut. Hal ini juga tidak lantas menurunkan mutu pedidikan
di Kanda. Kemudian metode yang digunakan dalam pengajaran juga mengacu pada keterampilan
apa saja yang diperlukan siswa dalam menghadapi pasar global. Sama halnya
dengan Indonesia yang mulai sadar akan kebutuhan siswa di masa mendatang
terbukti dengan penerapan kurikulum 2013 yang tidak hanya terpaku pada aspek
pengetahuan saja, namun ada aspek keterampilan dan sikap didalamnya. Kanada
adalah salah satu negara multikultural dengan masyarakat yang ramah sama
seperti di Indonesia. Kanada juga dianggap sebagai negara aman untuk tinggal
yang diakui oleh dunia internasional. Baik di Kanada maupun di Indonesia,
pendidikan menjadi hal penting untuk menunjang kemajuan bangsa. Kurikulum
apapun yang digunakan, apabila tidak ditunjang dengan sarana prasarana yang
memadai maupun kesiapan sumber daya manusia maka tidak akan memperbaiki mutu
pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu perlu adanya keselarasan antara
kurikulum, sarana prasarana penunjang dan sumber daya manusia, dalam hal ini
adalah tenaga pendidik dan peserta didik.
Referensi:
Casinos near Harrah's Philadelphia - JetBlue
BalasHapusLocated in the 삼척 출장안마 heart of the 양주 출장안마 Philadelphia area, Harrah's Philadelphia Casino 춘천 출장안마 and Hotel is within a 익산 출장안마 5-minute walk of Union Station and provides 광주 출장마사지 an exciting