Kamis, 17 Desember 2015

Perbandingan Kurikulum Pendidikan Indonesia dan Kanada

Perbandingan Kurikulum Pendidikan Indonesia dan Kanada
Oleh St. Lusi Suswanti

Berbicara mengenai pendidikan tentu saja tidak luput dari pembicaraan mengenai kurikulum apa yang digunakan. Kurikulum menurut UU No. 20 Tahun 2003  adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Artinya kurikulum mencakup tentang keseluruhan yang perlu dilakukan dalam proses pembelajaran yang kemudian dapat dikembangkan sendiri oleh masing-masing tenaga pendidik. Dalam hal ini saya dapat menyimpulkan bahwa kurikulum merupakan sarana pencapaian tujuan suatu program pendidikan yang dikehendaki disuatu wilayah. Lalu bagaimana dengan kurikulum pendidikan yang digunakan di Indonesia? Apakah sama dengan kurikulum di negara lain? Kali ini saya akan mengulas tentang kurikulum pendidikan di Indonesia dengan kurikulum pendidikan di Kanada.
Kurikulum di Indonesia menjadi stigma yang negatif di masyarakat. Mengapa? Karena perubahan kurikulum di Indonesia terjadi dalam jangka waktu yang relatif singkat namun tanpa diikuti dengan peningkatan kualitas kurikulum itu sendiri. Munculnya stigma negatif pada masyarakat ini bukan tanpa alasan. Terlihat dari perubahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013. Sarana dan prasarana penunjang kurikulum 2013 masih belum sepenuhnya terpenuhi, baik bahan ajar maupun tenaga pendidiknya. Terlepas dari itu pada dasarnya perubahan kurikulum yang dilakukan adalah demi meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kurikulum baru dibuat berdasarkan analisis terhadap kurikulum lama yang dianggap perlu diperbaiki, artinya bahwa kurikulum baru dibuat untuk menyempurnakan kurikulum lama. Ada tiga aspek penilaian yang ditekankan didalam kurikulum 2013 yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan atau keberanian dan aspek sikap. Dari ketiga aspek ini yang terpenting adalah aspek sikap atau perilaku atau moral. Mengapa? Karena kurikulum 2013 menekankan pada pendidikan karakter dimana siswa diharapkan mampu menjadi manusia yang bermoral. Kemudian selain itu kurikulum 2013 ini juga didalamnya terdapat aspek pengetahuan dan keterampilan dimana outputnya adalah siswa dapat menjadi manusia yang kreatif, inovatif dan produktif sehingga mereka mampu bersaing dimasa mendatang. Kurikulum yang digunakan di Indonesia saat ini ada dua berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, nomor 60 tahun 2014 tanggal 11 Desember 2014, yang memutuskan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 dihentikan dan kembali pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), namun untuk satuan pendidikan yang sudah menerapkan kurikulum 2013 selama 3 semester tetap dilanjutkan. Kurikulum 2013 lebih menekankan pada aspek afektif, sedangkan KTSP lebih kepada aspek kognitif.
Apabila di Indonesia pemberlakuan kurikulum yang digunakan bersifat nasional, lain halnya dengan Kanada. Di Kanada pendidikan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, namun tetap berada di bawah konstitusi Kanada, sehingga terdapat perbedaan sistem pendidikan atau kurikulum disetiap provinsinya. Namun demikian sistem pendidikan disetiap provinsi ini memiliki standar yang tinggi serta setara dengan universitas di USA maupun negara Commonwealth lainnya. Jenjang pendidikan di Kanada umumnya dibagi menjadi 3 yaitu pendidikan Dasar (Primary School , Public School), pendidikan Menengah (High School) dan pendidikan tinggi (Universitas, College). Berbeda dengan di Indonesia yang membagi jenjang pendidikan menjadi 4 yaitu Pendidikan Pra Sekolah, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Tinggi. Dengan ketentuan bahwa provinsi bertanggung jawab secara penuh atas mutu pendidikan di masing-masing daerahnya, pemerintah provinsi lebih fokus dalam melakukan penyelenggaraan dan pengawasan sistem pendidikan tersebut. Hal ini juga tidak lantas menurunkan mutu pedidikan di Kanda. Kemudian metode yang digunakan dalam pengajaran juga mengacu pada keterampilan apa saja yang diperlukan siswa dalam menghadapi pasar global. Sama halnya dengan Indonesia yang mulai sadar akan kebutuhan siswa di masa mendatang terbukti dengan penerapan kurikulum 2013 yang tidak hanya terpaku pada aspek pengetahuan saja, namun ada aspek keterampilan dan sikap didalamnya. Kanada adalah salah satu negara multikultural dengan masyarakat yang ramah sama seperti di Indonesia. Kanada juga dianggap sebagai negara aman untuk tinggal yang diakui oleh dunia internasional. Baik di Kanada maupun di Indonesia, pendidikan menjadi hal penting untuk menunjang kemajuan bangsa. Kurikulum apapun yang digunakan, apabila tidak ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai maupun kesiapan sumber daya manusia maka tidak akan memperbaiki mutu pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu perlu adanya keselarasan antara kurikulum, sarana prasarana penunjang dan sumber daya manusia, dalam hal ini adalah tenaga pendidik dan peserta didik.
Referensi:

http://jabercaemdanunyuweb.blogspot.co.id/2013/10/makalah-kurikulum-2013.html

1 komentar:

  1. Casinos near Harrah's Philadelphia - JetBlue
    Located in the 삼척 출장안마 heart of the 양주 출장안마 Philadelphia area, Harrah's Philadelphia Casino 춘천 출장안마 and Hotel is within a 익산 출장안마 5-minute walk of Union Station and provides 광주 출장마사지 an exciting

    BalasHapus